Sabtu, 29 Agustus 2009

19- UKURAN CONTOH MINIMUM DIPERLUKAN

Ukuran percobaan tergantung pada banyaknya ulangan untuk masing-masing dari t perlakuan yang dicobakan. Perlakuan-perlakuan yang dicobakan mungkin ingin diulang sama sering atau dapat dibuat bervariasi, yaitu tergantung pada rancangan t perlakuan dan rancangan pengumpulan data yang digunakan.
Dalam menduga banyaknya ulangan minimum diperlukan terhadap suatu parameter populasi orang berpikir tentang derajat keseksamaan yang diharapkan pada taraf kepercayaan tinggi yang dikehendaki untuk suatu dugaan parameter populasi.
Banyaknya ulangan atau ukuran contoh minimum diperlukan untuk suatu percobaan tergantung pada tujuan penentuan hal itu, yaitu apakah untuk memperoleh:
Ø dugaan terhadap suatu parameter populasi dari ketepatan tertentu pada suatu taraf kepercayaan yang tinggi;
Ø suatu statistik uji yang diperlukan dalam pengujian hipotesis mengenai suatu parameter populasi dari ketepatan tertentu pada suatu taraf kepercayaan dan kuasa uji yang tinggi.
Keduanya memerlukan keterangan yang sama, yaitu mengenai penduga selang bagi suatu parameter populasi yang dimaksud (untuk pengujian hipotesis ditambah dengan penetapan besar beda praktis). Ini mungkin dapat ditetapkan jika cara menyebar teoritis dari penduga parameter populasi yang dimaksud diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar